REVIEW BIOLOGI SEL

Sampaikan pertanyaan dan komentar anda terkait kesimpulan yang dapat diambil dari hasil presentasi kuliah Biologi Sel..,

  1. #1 by Yudwari Adhicha Nuredis 12613191 on January 30, 2013 - 11:28 am

    Assalamualaikum Wr Wb. DI sini saya akan menyampaikan kesimpulan saya tentang presentasi biologi sel. DI sini saya melihat bahwa setiap manusia memiliki sel dan di dalam sel tersebut pasti memiliki kromosom dan pembelahan sel-sel ini melalui beberapa proses yakni mitosis dan meiosis yang di dalamnya terdapat proses yang cukup kompleks. Kemudian ketika sel-sel itu rusak hal itu dapat mengakibatkan akan terjadinya beberapa penyakit seperti sel kanker, tetapi ada juga sel yang bisa bertindak sebagai sel penyembuh, yakni sel punca. Sekian kesimpulan saya pak mohon maaf apabila ada salah kata

  2. #2 by 12613246 on January 30, 2013 - 6:42 pm

    Assalamualaikum wr wb.
    kesimpulan saya tentang presentasi bio sel yaitu setiap makhluk hidup tersusun atas materi genetik (asam nukleat) yang kemudian membentuk kromosom dan kromosom-kromosom akan membentuk sel dimana dalam sel terdapat organel-organel yang bekerja secara spesifik. Sel itu sperti mnusia, bisa bereproduksi (mitosis dan meiosis) dan berkomunikasi (jarak dekat dan jauh). Pada proses sintesis DNA, apabila terdapat kesalahan pda saat pembacaan kode genetik, maka akan terjadi peristiwa mutasi yang kemudian terbentuk sel yang abnormal yang berujung pada terbentuknya sel-sel kanker. Akan tetapi ada sel kanker tertentu yang dpat dsembuhkan oleh sel punca yaitu sel yg belum berdiferensiasi. Sekian pak kesimpulan saya, kurang lebihnya mohon maaf ya pak.
    Wassalamualaikum wr wb

  3. #3 by Dimas on January 30, 2013 - 7:24 pm

    Asslamu Alaikum Wr. Wb.
    Pak, boleh minta garis besar kisi-kisi untuk bio sel besok?
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

  4. #4 by Yulia Pratiwi (12613157) on January 30, 2013 - 8:26 pm

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sel adalah kumpulan materi sederhana sekaligus penyusun semua makhluk hidup. Sel mengalami 2 pembelahan yaitu mitosis yg terjadi di sel-sel tubuh (somatis) dan meiosis yg proses terjadinya pada alat reproduksi. Dlm perkembangbiakannya, sel harus berkomunikasi dengan sel-sel lain dan lingkungannya. Bentuk komunikasi ini dinamakan interaksi sel atau komunikasi antar sel. Adakalanya sel-sel tersebut mengalami kerusakan sehingga menimbulkan penyakit seperti kanker.
    Pada sel, terdapat pula ‘sel penyembuh’ yg disebut dgn sel punca. Sel punca merupakan sel yang memiliki kemampuan membelah dengan cepat dan belum memiliki fungsi khusus. Sel ini dengan teknik tertentu dapat disisipkan ke dalam jaringan atau organ yang bermasalah untuk dapat “meniru” fungsi dari sel-sel di jaringan atau organ tadi, sehingga organ dapat menjalankan fungsinya dengan normal kembali.
    Sekian kesimpulan dari saya Pak, mohon maaf jika ada salah dan diberi tanggapan.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  5. #5 by 12613042 on January 30, 2013 - 9:58 pm

    assalamualaikum wr.wb
    Sel punca merupakan sel pembangun manusia. sel punca dapat berkembang menjadi ratusan macam sel yang berlainan dan juga mempunyai kemampuan untuk memperbaharui dan mereproduksi sendiri. oleh karena itu dapat membantu mengembalikan fungsi yang telah rusak dengan mentransplantasikan sel punca.
    Sel mengalami pembelahan, mitosis terjadi pada sel tubuh dan meiosis terjadi pada sel kelamin. perbedaan mitosis hewan dan tumbuhan yaitu terbentuknya benang spindel pada sel hewan sementara sel tumbuhan tidak terbentuk.
    Kelainan pada siklus sel dapat menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali yang dapat memicu kanker.
    pembelahan sel melibatkan pensinyalan sel terdiri dari jarak dekat pensinyalan parakrin dan sinaptik, pensinyalan sinaptik hanya terjadi pada sel saraf. pensinyalan jarak jauh disebut juga pensinyalan hormonal contohnya pada proses reproduksi. proses penggandaan DNA disebut Replikasi DNA, prokariota (bakteri) bereprodusiksi melalui pembelahan biner.

  6. #6 by 12613165 on January 30, 2013 - 10:49 pm

    assalamualaikum wr. wb.
    saya akan menyampaikan kesimpulan bahwa tidak semua sel itu memiliki kromosom. contoh slah satunya pada sel daramah merah. sel darah merah diproduksi di sumsum tulang belakang. sel darah merah memiliki waktu 120 hari sebelum akhirnya di hancurkan. lalu sel darah merah tidak memiliki inti sel. sedangkan kromosom itu berada di dalam inti sel.

  7. #7 by kelopmpokdelapan on January 31, 2013 - 5:14 pm

    pak maaf sebelumnya..blog bapak dulu sudah saya folow dan juga sudah saya coment tapi blum ada linknya pak ??
    http://bioseldelapan.wordpress.com

  8. #8 by bioselkelompok5 on January 31, 2013 - 7:17 pm

    Assalamualaikum.. maaf pak sebelumnya..
    ini alamat blog kelas C kelompok 5..
    http://www.bioselkelompok5.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: